Training for Trainernya para new Blogger IGI Bekasi

27 12 2011

Training for Trainernya para new Blogger IGI Bekasi

Di damainya kota Purwakarta

Oleh : Arief Pujarama ( paguruarief.wordpress.com)

Hand phone bergetar di saku celanaku…” Halo “…kataku…“ Pee…ente di mana..?? Jangan sampai telat ya jam 08.00 berangkat “ ternyata Wahid teman kampus sekaligus rekan kerjaku di SDIT Islamia. Saat itu aku sudah berada di dalam “ mersi “ ( red. Merah warna koasi )yang menuju Islamic Center Bekasi. Pukul 07.35 aku sudah sampai di lokasi langsung aku hampiri Wahid. “ Mana yang lain Hid..? “ Tanyaku padanya. “ Ga tau tapi pa Rofik mo datang katanya “. Ooohhh…ternyata kegelisahan temanku itu akibat banyak dari rekan kami yang tidak bisa mengikuti acara TOT yang di sponsori oleh Indosat yang bertempatan di Indosat Training and Conference Center Purwakarta Jawa Barat.

“ Tu pa Rofik dah dating Hid “..kata ku… Tak panjang lebar akhirnya perjalanan kami di mulai juga. Tak henti-hentinya hujan mendera bis kami begitu derasnya. Akan tetapi makin deras hujan justru malah menambah semangat dan motivasi kami para new blogger untuk menemba ilmu yang di rasa baru buat kami semua.

Tak terasa seiring waktu berjalan mungkin juga karena di tambah lantunan lagu yang di putar di dalam bis kami akhirnya kita tiba di tempat yang di nanti-nanti. Bis pun terparkir rapi di singgasananya. Tapi walaupun kami sudah sampai di tujuan tetap saja hujan terus mendera begitu derasnya. Tak patah arang kami pun tetap melanjutkan perjalanan ke dalam Balairung tempat acara berlangsung dengan berjalan kaki.

“ Perhatiaaaann….bapak-bapak..ibu-ibu semua peserta TOT sekarang kita ISHOMA dulu sebelum melaksanakan round down acara kita selanjutnya “ begitu tutur salah satu panitia untuk mengingatkan kita semua, karena memang pada saat itu jam menunjukkan pukul 11.30 siang.

Sembari beristirahat saya dan teman-teman berjalan mencari kamar hotel sekalian keliling ITCC untuk melihat-lihat fasilitas yang disediakan. Cafetaria, Balairoom, Taman bermain dan segala fasilitas olah raga pun tersedia, mulai dari kolam renang, lapangan futsal, tempat fitness sampai billiard dan tenis meja tersedia di dalamnya.” Waahh..mantab…” dalam hati ku bergumam.

Jam menunjukkan pukul 13.00. Inilah saat yang di tunggu-tunggu oleh kita semua para new comers dalam dunia maya ini. “ Marilah kita sambut pembicara pertama kita..bapak Agus Sampurno..beri tepuk tangan yang meriah “ mc memperkenalkan pembicara yang sudah tidak asing lagi namanya di telingaku. Memang benar ternyata beliau adalah pembicara yang pernah mengisi di sekolah tempatku bekerja. Beliau mengisi acara dengan judul “ Sekolah Berbasis ICT dan Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran “.

Di sana beliau menerangkan tentang bagaimana pentingnya tehnologi yang di gunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Menerangkan bahwa guru tak lagi harus bersifat monoton dalam mengajar, tak ada lagi istilah one to many. Semua guru di tuntut agar lebih kreatif dalam pengajaran dan di imbangi dengan pengetahuan tentang tehnologi informasi yang ada pada era globalisasi.

Bapak Agus SampurnoSetiap guru wajib mengembangkan pola fikirnya yang kreatif dengan berbagai metode atau media pembelajaran untuk seluruh siswa. Contohnya mungkin para guru dapat mengajarkan siswa-siswa mereka sebuah program yang dapat mendukung gaya belajar mereka, misal menggunakan program Grafik Organizer. Dengan program tersebut siswa dapat mengembangkan pengetahuan akademik mereka yang terkolaborasi dengan tehnologi yang ada pada saat ini.

Banyak sudah statmen-statmen yang di paparkan oleh bapak Agus Sampurno yang menambah ilmu pada pundi-pundi fikiran saya. Setelah bapak Agus memberikan ilmunya, langsung bapak Dr. Sony Teguh Trilaksono M.Ed dengan apik dan atraktif memberikan tambahan-tambahan ilmunya pada kita semua.

Dengan gaya bicaranya yang simple dan luwes yang membuat nyaman kita semua para pendengar. Beliau memaparkan tentang beberapa ciri khas lingkungan masyarakatberpengetahuan, yaitu :

– Kritis, kondusif dan edukatif terhadap perubahan

– Siap menghadapi globalisasi

– Adanya dukungan dan komitmen yang maksimal

– Minat belajar yang maksimal

Begitu beberapa hal yang di sampaikan oleh bapak Sony pada kita semua.

Pelatihan tersebut sampailah pada akhirnya karena kita harus istirahat untuk penyegaran dan saya pun bergegas mencari “ bahan “ untuk mengisi pundi-pundi perutku yang  sejak tadi sudah demo.

“ Tambah lagi ilmu saya nih..” dalam hati saya bergumam. Para motivator tadi berhasil membakar semangat saya untuk menjadi guru kreatif sekaligus menjadi blogger handal, inovatif dan tentunya akan menghasilkan nantinya. Insya Allah.

Lanjut… kembali acara TOT di mulai. Sebelum di mulai pihak dari Indosat memberikan informasi-informasi yang di berikan oleh bapak ElgaYulwardian. Beliau menerangkan bahwa Indosat akan meluncurkan komunitas baru untuk para blogger seIndonesia yaitu Blogger Merah Putih di mana komunitas tersebut menjadi wadah amprokannya para blogger sejagad Indonesia agar bersatu. “ Mantab..” kata saya “ pokoknya hidup Indosat “ sedikit bantu promosi dan secara saya dan keluarga juga pengguna setia Indosat sejak tahun 2004.

Tak panjang lebar lagi akhirnya kini saatnya bapak Hasan Chabibi dari Kemendik Pustekom membantu mensharing ilmunya tentang “ Creative Blogging” . Beliau menerangkan tentang pengaruh internet pada masyarat mulai dari yang negative sampai yang positif.

Di jabarkan semua hal-hal mengenai tata cara membuat blog yang kreatif. Subhanallah ternyata internet itu benar-benar dapat merubah segalanya. Bisa membuat semua orang menjadi baik dan tidak baik. Akan tetapi dalam hati saya menuturkan “ Ilmu itu tergantung diri sendiri…bisa hitam bisa putih..bisa netatif bisa positif…semua tergantung kita “.

Waktu pun terus bergulir tak terasa sang penerang dunia sudah mulai meninggalkan damainya kota Purwakarta. Namun di sesi terakhir ini di tutup oleh dua orang motivator kawakan dan mereka pun termasuk inspirator buat saya dalam pembuatan blog. Pertama bapak Dedi Dwigutama menerangkan tentang “ Menulis dan Mengelola Blog secara Kreatif “. Lalu bapak Wijaya Kusumah atau sering di kenal dengan nama “ Om Jay “ memberikan wejangan-wejangannya dan motifasinya kepada kita semua.

Senyum Indosat

Lengkap sudah hari pertama TOT ini saya lewati dengan perasaan yang sangat bangga dan senang, di tambah juga doorprice yang saya dapatkan membuat seringai di wajah saya makin melebar. Dan akhir malam ini di tutup dengan makan malam bersama dan sedikit pertandingan di meja biliyard dengan teman-teman. Ya sekedar merefresh pikiran yang tadi sempat terkuras.

Kehangatan dan kebersamaan saya, teman-teman, panitia TOT  dengan para trainer

 


Aksi

Information

3 responses

2 01 2012
igibekasi

Saya sudah berkunjung ke blog anda, mohon pasang logo IGI Bekasi, Blogger Bekasi, dan Blog Merah putih. Silahkan kunjungi http://www.taufiqngeblog.wordpress.com, lalu jangan lupa follow me.
http://www.igibekasi.wordpress.com

3 01 2012
Siti Aisyiah Rangkuti

Like this deh

2 03 2012
paarief08

terima kasih bu..mohon sarannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: